Sabtu, 16 Oktober 2010

Mudahnya Membuat Code Snippet di VS 2010

kadang kala, kita sering dilibatkan dengan proses penulisan code yang sama secara berulang-ulang. untuk menghindari atau setidaknya mengurangi proses berulang tersebut, anda bisa memanfaatkan fasilitas snippet yang disediakan oleh Visual Studio (VS). snippet sesungguhnya adalah sebuah file xml dengan akhiran .snippet yang isinya adalah format struktur xml pembentuk snippet itu sendiri. dengan menggunakan snippet, kita bisa menggunakan shortcut untuk menghasilkan code-code yang perlu diketik berulang-ulang tersebut.

pada VS 2010, sudah disediakan sebuah extensions untuk memudahkan proses pembuatan snippet ini, anda cukup mendownload dan memasangnya ke dalam VS anda, seperti yang ditunjukkan oleh gambar-gambar berikut ini:

image

buka extension manager dari menu tools > extension manager

kemudian cari Snippet Designer

image

kemudian restart VS anda, setelah itu anda sudah bisa menggunakan snippet designer ini untuk membuat sebuah code snippet dengan mudah, seperti yang ditunjukkan oleh gambar-gambar berikut ini:

pilih / blok code program yang akan dijadikan code snippet. klik kanan pada code yang diblok tersebut, kemudian klik kanan, trus pilih export as snippet

image

image

ada beberapa properties yang bisa diisi, antara lain: shortcut yang merupakan key yang akan digunakan nantinya untuk menggunakan code snippet ini. Imports yang digunakan untuk mengimport namespace yang dibutuhkan. References yang digunakan untuk mengikutkan library file yang dibutuhkan.

dan langkah terakhir, simpan code snippet ini dengan akhiran .snippet

dan untuk menggunakannya, bisa dilakukan dengan:

ketik shortcut kemudian tekan tab, dalam contoh ini:

msge + <tab>

atau

ketik shortcut? kemudian tab + tab untuk melihat list code snippet yang ada, dalam contoh ini:

msge? + <tab> + <tab>

image

Nb. Teknik yang sama bisa digunakan untuk C# jg.

ok, semoga bermanfaat.

Rgds
Adi

Tidak ada komentar: