Sabtu, 30 Oktober 2010

Access Modifier VB.NET Version

ketika bekerja dengan paradigma OO, access modifier merupakan salah satu point penting yang harus diperhatikan ketika menulis code. dengan menggunakan access modifier, programmer bisa membatasi type yang ditulis (apakah class, method, property, field, etc.) dapat diakses dari mana saja.

sama seperti C#, untuk VB.NET, access modifier yang dapat digunakan juga ada 5, yaitu: Public, Friend, Protected, Private dan Protected Friend

berikut ini penjelasan dari masing-masing access modifier:

1. Public

type yang menggunakan access modifier ini membuat type tersebut bisa diakses tanpa pembatasan apapun. secara default.

2. Friend

type yang menggunakan access modifier ini membuat type tersebut bisa diakses selama dalam satu assembly yang sama. assembly di sini berarti sebuah dll.

Friend ini merupakan access modifier default yang digunakan untuk class yang tidak menuliskan access modifiernya secara explicit.

Friend lebih terbatas dari Public.

3. Protected

type yang menggunakan access modifier ini membuat type tersebut hanya bisa diakses dari type yang bersangkutan dan turunan dari type yang bersangkutan.

Protected lebih terbatas dari Friend.

4. Private

type yang menggunakan access modifier ini membuat type tersebut hanya bisa diakses dari type yang bersangkutan.

private merupakan access modifier yang paling secure. semua type yang dilabeli access modifier private membuat type tersebut tidak dapat diakses dari luar type yang bersangkutan.

5. Protected Friend

access modifier ini merupakan pengabungan dari dari Protected dan Friend. dengan menggunakan access modifier ini, maka sebuah type dapat diakses dari dalam class yang bersangkutan, atau dari turunan class yang bersangkutan atau dalam satu assembly yang sama.

ok, semoga bermanfaat

Rgds
Adi

Tidak ada komentar: