Senin, 19 Januari 2009

Konversi Tipe Data dalam Visual Basic

dalam pemrograman, konversi antar tipe data kadang tidak dapat dihindari. konversi tipe ini ada 2 jenis, yaitu implicit dan explicit. dalam implicit konversi, hasil konversi tidak ingin kehilangan presisi datanya, sedangkan dalam explicit konversi, berlaku sebaliknya, yaitu diijinkan adanya kehilangan presisi data untuk hasil konversinya. dalam Visual Basic, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan proses konversi tersebut. anda dapat menggunakan fungsi – fungsi bawaan dari Visual Basic seperti:

  • CInt() untuk melakukan konversi ke nilai integer
  • CDbl() untuk melakukan konversi ke nilai double
  • CDec() untuk melakukan konversi ke nilai decimal
  • dan beberapa fungsi built-in lainnya.

disamping itu, anda juga bisa menggunakan CType, DirectCast dan TryCast.

CType merupakan operator yang digunakan untuk explicit conversion. Type data yang dijadikan acuan tidak dibatasi, bisa berupa Reference type atau Value type.

DirectCast merupakan operator explicit conversion seperti halnya CType. Namun operator ini hanya berlaku untuk Reference type saja (Class atau Interface).

TryCast merupakan operator explicit conversion yang baru ada di .net 2.0. Operator ini fungsinya sama dengan DirectCast operator, dan hanya berlaku untuk Reference type saja. Namun apabila terjadi InvalidCastException maka hasil dari conversion ini akan mengembalikan Nothing value. Fitur ini dapat menyederhanakan proses exception handling.

sumber: http://www.yulianmf.com/DetailsArticle.aspx?art=80

Salam
ADI

Tidak ada komentar: